94 TAHUN BERKIPRAH, SD MUHAMMADIYAH 1 SIAP MENUJU PADA  “OUTSTANDING SCHOOL” 

Sembilan puluh empat tahun sudah perjalanan yang telah dilalui bersama oleh keluarga  besar SD Muhammadiyah 1 Malang. Suka duka telah dilalui dengan berbagai peluang, inovasi,  prestasi, serta kreativitas yang lahir dari pikiran-pikiran cendekia para guru. Sembilan puluh  empat tahun bukan tentang persoalan sedikit atau banyaknya umur, melainkan tentang  mempertahankan keeksistensian untuk tetap menjadi sekolah yang dicintai oleh kalangan, dan  menjadi sekolah yang mampu bersaing pada dunia pendidikan dari masa ke masa.  

Pada hari Sabtu, tanggal 20 November 2021, tepat pada usia 94 tahun SD  Muhammadiyah 1 Malang menggelar acara ulang tahun atau yang biasa kita kenal dengan acara  milad. Perhelatan yang turut mengundang beberapa tamu penting, diantaranya Bapak Prof. Dr.  H. Arief Rachman, M.Pd. selaku Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, 

Perwakilan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Bapak Budiono, M.Si. selaku Ketua Dikdasmen PDM, Dr. Abdul Haris, MA. selaku Ketua PDM Kota Malang, Bapak  Drs. H. Taufik Kusuma, M.Pd. selaku Penasehat Muhammadiyah, Bapak Ir. Ichtibar Nawa  Atmaja selaku Ketua PCM Klojen Kota Malang, Ibu Drs. Sriami. M.Pd. selaku Pengawas Kec.  Klojen, serta Ibu Elvi Muafidah, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Malang,  menjadi pengisi acara pada milad SD Muhammadiyah 1 Malang. Beberapa siswa SD  Muhammadiyah 1, dan pemenang-pemenang peserta lomba TK se-Malang raya turut hadir untuk  memeriahkan acara sekaligus penyerahan hadiah pemenang dari beberapa kriteria yang  diperlombakan. 

Berbagai susunan acara, salah satunya yaitu peresmian studio Mutu Kawi, dan  perpustakaan digital Mutu Kawi, telah dilalui dengan lancar di 3 tempat, yaitu aula sekolah,  studio, serta perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Malang, dan disiarkan langsung secara live  melalui aplikasi Zoom. 

“Yakin tidak hanya cerdas dalam akademik saja, tetapi juga harus diimbangi dengan kecerdasan  non-akademik. Maka dari itu, untuk memfasilitasi anak-anak yang memiliki potensi di bidang  akademik, dan yang berkompeten di bidang non-akademik, salah satunya kami siapkan perpustakaan digital dan studio Mutu Kawi” – tutur Ibu Elvi Muafidah.

Melihat perkembangan era globalisasi sekarang, tentu kita dituntut untuk selalu berkembang  sesuai dengan kebutuhan, mulai dari perkembangan akademik dan non-akademik. Begitu pula  dengan SD Muhammadiyah 1 Malang, yang selalu berani dalam berinovasi memfasilitasi sarana  dan prasarana untuk memajukan anak didiknya. 

“Dengan majunya teknologi dan era digital, kita juga harus mempunyai keinginan untuk lebih  berkembang agar menjadi sukses. Harus selalu ingat dan diimbangi dengan watak yang selalu  bertaqwa, fleksibel, tegas, berencana, mempunyai integritas, dan pengamalan orientasi masa  depan-penyelesaian tugas” – ujar Bapak Arief Rachman 

Peresmian perpustakaan digital dan studio Mutu Kawi ditandai dengan penandatanganan oleh  Bapak Dr. Abdul Haris, MA, dan didampingi oleh beberapa jajaran lainnya.  

Bapak Abdul Haris menuturkan, “Situasi apapun bisa kita kemas menjadi prestasi, yang  dicontohkan di SD Muhammadiyah 1. Tentu ini berproses di jalan yang panjang, dimana usia  yang sekian lamanya justru meningkatkan mutu, serta kematangan untuk terus meraih prestasi.  Melihat evaluasi, kelemahan, dan kekurangan, kemudian tantangan ke depan untuk menata masa  depan. Tentu peran serta semua pihak, turut berkontribusi besar dalam kemajuan ini. Kita  percaya untuk selalu bekerja sama, untuk memajukan sekolah ini. Maka dari itu, jangan takut  untuk berkreasi. Alhamdulillah, SD Muhammadiyah 1 Malang salah satu sekolah yang menunjukkan prestasinya.” 

Setelah peresmian selesai, acara dilanjutkan dengan pembagian beberapa penghargaan siswa dan  guru berprestasi, serta pengumuman untuk pemenang-pemenang lomba yang telah diseleksi oleh  dewan juri dari guru-guru SD Muhammadiyah 1 Malang. Sambutan demi sambutan, ucapan  demi ucapan telah dihaturkan kepada SD Muhammadiyah 1 Malang, yang di mana akan menjadi  do’a dan pengingat untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT, serta dapat menjadi motivasi  untuk selalu memajukan sekolah yang bermutu. 

“Luar biasa, 6 tahun lagi mencapai umur 100 tahun. SD Muhammadiyah 1 semoga selalu  berkembang menjadi SD unggulan, tidak hanya di kota Malang, tetapi juga di Jawa Timur,  sampai di Indonesia” – tutur Bapak Arief Rachman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top