PENERAPAN KONSEP PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KEPADA SISWA-SISWI SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG DENGAN TEMA KEWIRAUSAHAAN

Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada siswa-siswi untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek profil ini, siswa-siswi memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi. Siswa-siswi dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.

Dalam kesempatan ini siswa-siswi kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Malang, berkesempatan untuk melakukan implementasi dari projek penguatan profil pancasila ini. Tema yang diambil ialah kewirausahaan. Projek ini betujuan agar siswa dapat menciptakan sebuah proses yang bernilai tambah dalam segi ekonomi. Kegiatan yang diambil kali ini adalah transaksi jual beli yang akan dilakukan oleh siswa-siswi di dalam kelas.

Kegiatan ini diawali dengan pembagian kriteria barang yang akan dijual oleh para siswa. Kelas 4 terdiri dari kela 4A, 4B, dan 4C, yang nantinya kelas 4A akan membawa barang bertemakan makanan ringan, kelas 4B akan membawa barang bertemakan kesehatan seperti masker, hand sanitizer, tisu basah, dan siswa di kelas 4C akan membawa barang dengan tema alat tulis.

Pembagian ini tidak lepas dari tujuan yang nantinya kelas 4A akan berbelanja ke kelas 4B dan 4C, Kelas 4B akan berbelanja ke kelas 4A dan 4C, dan yang terakhir nantinya kelas 4C akan berbelanja ke kelas 4A dan 4B. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema kewirausahaan, adalah siswa-siswi mampu berfikir realistis dan  sebagai langkah untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka, agar siswa-siswi memiliki bekal dalam mempersiapkan menjadi seoran wirausahawan tangguh di masa yang akan datang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top