Peserta PMM Kelompok 89 Mengadakan Forum Diskusi Guna Memberikan Bimbingan dan Arahan Kepada Siswa Kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Malang

Anak harus diberi ruang eksplorasi sebanyak mungkin agar memiliki banyak pengalaman dan pilihan dalam mengembangkan minat. Ketika sudah memasuki sekolah menengah atas, akan lebih siap dalam memilih apa yang menjadi minat dan perhatiannya. Anak-anak perlu melewati berbagai proses untuk bisa menentukan apa yang paling diminati. Pengalaman ini pun tidak bisa didapat hanya dalam waktu 1-2 bulan. Orangtua dan pendidik tidak perlu membentuk minat anak dengan mengarahkan harus bisa pada bidang tertentu. Anak yang diberi kebebasan dalam mengeksplorasi banyak hal akan lebih mudah mengenali minat dan bakatnya.

Pada kegiatan ini, peserta PMM membuka diskusi bersama siswa-siswi, dan membagi 5 kelompok dalam satu kelas. Maksud dari pembagian kelompok tersebut, siswa-siswi dapat lebih fokus dan terarah untuk berkomunikasi antara siswa dan anggota PMM. Dalam forum ini siswa-siswi menceritakan tentang kegemaran dan kegiatan yang mereka lakukan sehari – hari, kemudian peserta PMM akan memberikan stimulus berupa dorongan serta cara pengembangan diri pada bidang kegemaran dengan baik. Dengan adanya arahan yang disampaikan, siswa-siswi dapat lebih memahami, dan dapat menghasilkan sesuatu di masa depan.

Dalam kegiatan diskusi, terdapat beberapa siswa yang belum mempunyai minat dan bakat. Hal ini dikarenakan siswa-siswi masih belum mempunyai target yang akan diraih. Maka dari itu, peserta PMM memberikan masukan, bimbingan serta dorongan kepada siswa-siswi untuk lebih membebaskan diri dalam mencari dan menerapkan kegiatan yang digemari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top