IBTIKAR BULETIN EDISI 9: ORANG YANG MERUGI

Dalam Q.S Al Ashr ayat 2 ada ayat yang cukup menarik, berbunyi:

إِنَّ الإِنْسَانَ لَفِي خُسْ

Maka Allah menjelaskan bahwa semua manusia itu pasti mengalami kerugian. di ayat ke 2 Q.S Al Ashr, allah mengartikan kata manusia sebagai الإِنْسَانَ,(Al insan), menariknya di dalam Al Qur’an Al Insan di sebutkan sebanyak 56 kali.

Lalu mengapa ayat ini sering di ulang?

alasan Allah mengulang ulang kata al insan di dalam Al Qur’an adalah untuk mengingatkan bahwa diri kita berasal dari sesuatu yang hina dan tidak berharga kemudian Allah buat diri kita menjadi seseorang yang mulia.

Manusia adalah makhluk yang punya kekurangan dan kelemahan, karena salah satu ciri manusia adalah pasti dia pernah berbuat salah.

Allah sudah memberikan segala fasilitas dan petunjuk yang di perlukan bahkan untuk membuat kita jadi yang terbaik di dunia dan akhirat, tetapi Allah itu cuma minta agar kita jangan jadi yang terburuk. Karena Allah tau bahwa masing masing kita itu berbeda kadar kemampuannya.

maka dari itu, agar kita bukan termasuk dari golongan orang orang yang merugi maka berimanlah dan lakukanlah amal shalih

إِلاَّ الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَ عَمِلُوْا الصّٰلِحٰتِ وَ تَوَا صَوْا بِا الحَقِّ وَ تَوَا صَوْا بِا الصَّبْرِ.

Artinya: Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran

Wallahu a’lam bishawab

Oleh: Fika Ratna Pratiwi (Guru PAI dan Ismuba)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top