MEWUJUDKAN GENERASI CINTA TOSS (LITERASI, KOLABORASI, KREASI, DAN SPORTIF)

Usai semua kegiatan pembelajaran di semester ganjil dan ditutup dengan adanya Penialaian Akhir Semester, tahun ini dilaksanakan kembali kegiatan class meeting.  Para siswa menikuti kegiatan ini dengan antusias dan semangat yang tinggi. Class meeting ini bertujuan untuk mengembangkan diri serta menunjukkan bakat yang dimiliki. Tujuan ini sejalan dengan tema class meeting tahun ini yaitu Mewujudkan Generasi Cinta TOSS (liTerasi, kOlaborasi, kreaSi, dan Sportif).

Class meeting dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 11-15 Desember 2023, dengan kegiatan yang berbeda-beda setiap harinya. Hari pertama diawali oleh kegiatan Literasi bersama Ruang Belajar Aqil. Siswa kelas 1-3 diajak untuk membaca buku bersama-sama dan menceritakan kembali isi buku yang telah dibaca. Sedangkan, bagi kelas 4-6 akan diajak untuk Sharing Session bersama “bule” untuk lebih mengenla kehidupan, budaya, serta pendidikan di negara luar tepatnya Wales. Seluruh siswa sangat aktif untuk bertanya dan mengenal lebih jauh kehidupan diluar negeri.

Hari kedua siswa diminta untuk berkolaborasi bersama teman-temanya dalam lomba mix and match dan flying spidol. Dalam lomba ini siswa diajarkan untuk melatih kekompokan serta sportifitas bersama teman satu kelasnya agar mendapatkan hasil yang optimal serta gelar juara. Dilanjutkan dengan berkreasi untuk memperingati hari ibu yaitu membuat kartu ucapan serta bucket bunga yang nantinya akan diserahkan pada ibu bertetapatan pada Hari Ibu tanggal 22 Desember.

Hari keempat siswa mulai berkreasi dengan menunjukkan bakat yang dimiliki seperti menyanyi, menari, teater, bermian alat musik, membaca puisi, berpidato, mendongeng, qiroah, serta tapak suci. Degan unjuk bakat ini dapat diketahui bahwa banyak siswa SD Muhammadiyah 1 yang berbakat dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

Kegiatan class meeting ini ditutup dengan kegiatan jum’at bersih serta pengumuman juara lomba mix and match yang dimennagkan oleh kelas 2B dan lomba flying spidol dimenangkan kelas 5B.

Harapan untuk class meeting selanjutnya yaitu lebih banyak kegiatan yang dapat mengembangkan individu siswa serta menunjukkan kemampuan yang dimiliki, serta kegiatan ini akan lebih meriah dan mendapat dukungan dari banyak pihak. Semoga dengan adanya kegiatan ini para siswa akan menjadi pribadi yang lebih baik serta Mewujudkan Generasi Cinta TOSS (liTerasi, kOlaborasi, kreaSi, dan Sportif).

Penulis: Mabruro, S.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top