PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN PERINGATAN HARI IDUL ADHA 1444H SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 1 KOTA MALANG

Peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 H di SD Muhammadiyah 1 Kota Malang diadakan kembali seperti tahun-tahun sebelumnya yang sempat berhenti karena masa pandemi covid-19. SD Muhmmadiyah 1 tidak mengadakan sholat ied Bersama, namun warga sekolah tetap melaksanakan penyembelihan hewan qurban yang bertempat di halaman SD Muhmmadiyah 1 Kota Malang pada hari Kamis, 09 Juli 2023. Melalui kegiatan ini SD Muhammadiyah 1 mengangkat tema “Meningkatkan Keimanan, Ketaqwaan, dan Ukhuwah melalui Qurban”

Melalui kegiatan infaq yang dilaksanakan setiap hari oleh siswa-siswi dan guru, serta donatur dari berbagai pihak, pada tahun ini SD Muhammadiyah 1 Kota Malang menyembelih 1 ekor sapi dan 17 ekor kambing.

Sasaran utama pembagian daging qurban ini adalah siswa-siswi SD Muhmmadiyah 1 dan warga di sekitar lingkungan sekolah. Tujuan kegiatan qurban ini selain untuk meningkatkan semangat berqurban bagi siswa dan meningkatakan ketaqwaan kepada Allah SWT, juga sebagai bekal pelatihan bagi para siswa dalam penyembelihan hewan ketika kelak terjun dalam lingkup masyarakat. Sedangkan bagi sekolah, penyembelihan hewan qurban ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan, karena Bapak/Ibu guru beserta paguyuban kelas 1-6 bekerja sama, saling bantu-membantu dari proses, penyembelihan, pencucian, pemotongan, hingga pembagian dagingnya kepada masyarakat sekitar.

Kami berharap untuk tahun-tahun berikutnya SD Muhammadiyah 1 Kota Malang dapat lebih intensif dan inovatif dalam mewadahi kegiatan keagamaan, sehingga dapat memberi manfaat bukan hanya bagi warga sekolah, namun juga bagi masyarakat. – Riska Dwi Pratiwi, S.Pd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top