“GEBRAKAN” MILAD KE-95 SD MUTU KAWI

95 tahun sudah SD Muhammadiyah 1 Malang atau yang lebih dikenal dengan SD Mutu Kawi mengabdi di dunia pendidikan, telah banyak tokoh-tokoh penting bangsa membangun pondasi ilmu pengetahuannya di SD Mutu. Kini, SD Mutu terus mengukir sejarah untuk kembali melahirkan siswa/i yang akan berguna bagi bangsa, negara, dan agamanya.

Tepat tanggal 04 November 2022 SD Mutu kawi berusia 95 tahun. Dalam rangka menunjukkan eksistensinya SD Mutu Kawi merayakan milad ke-95 dengan mengusung tema “GEBRAKAN” yang artinya Aktualisasi Diri Menuju Gerakan Berkarakter Dan Beriman. Melalui tema ini diharapkan semua warga SD Mutu dapat menjadi generasi yang berkarakter dan beriman.

Dalam rangka memeriahkan milad ke-95 ini, SD Mutu mengadakan rangkaian acara selama 3 hari berturut-turut dengan mengajak kerjasama berbagai pihak mulai dari masyarakat sekitar, paguyuban, komite, hingga pejabat terkait. Rangkaian acara ini dilaksanakan mulai tanggal 04-06 November 2022. Acara milad ini diisi dengan bazaar, bakti sosial, screening kesehatan yang bekerjasama dengan RSIA Muhammadiyah, lomba-lomba TK se-Malang Raya, Pawai, dan acara puncak Milad ke-95 SD Mutu.

Bazaar sebagai salah satu kegiatan untuk memeriahkan milad dilaksanakan selama 3 hari bertutur-turut mulai tanggal 04-06 November. Kegiatan bazaar terwujud melalui kerjasama antara sekolah dan wali murid. Selain itu, dengan adanya bazaar ini dapat membantu UMKM yang dimiliki oleh wali murid dan memberikan mereka kesempatan untuk mengenalkan produk yang dimilikinya. Tidak hanya bekerjasama dengan wali murid, kegiatan ini juga bekerjasama dengan produk fashion hijab seperti elzatta dan produk kesehatan yaitu susu hilo dan vitamin byolisin.

Tidak hanya kegiatan bazaar yang memeriahkan milad tahun ini, tetapi juga ada lomba-lomba TK yang diadakan pada tanggal 04 dan 05 November. Lomba tingkat TK ini diikuti oleh siswa/i TK se-Malang Raya. Lomba yang diadakan yaitu Futsal, Senam Kreasi, Tahfidz, Da’i cilik, Menyusun Huruf Hijaiyah, dan Melukis di atas Talenan. Lomba ini diadakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa/i TK untuk menunjukkan bakat  dan minat yang dimilikinya. Ratusan siswa/i TK se-Malang Raya sangat antusisas dalam mengikuti lomba ini.

Bersamaan dengan kegiatan lomba TK, SD Mutu juga mengadakan kegiatan bakti sosial yang disalurkan kepada warga sekitar sekolah, siswa/i TK dan siswa/i SD Mutu. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik karena adanya kerjasama antara sekolah dan wali murid untuk memberikan sumbangan terbaiknya dalam kegiatan baksos ini. 100 bingkisan sembako telah dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Lomba tidak hanya diperuntukkan bagi siswa/i TK tetapi ada juga lomba bagi siswa SD Mutu. Lomba yang diadakan yaitu Pawai dengan tema “Pawai Kreatif Pelajar Pancasila”. Pawai ini dilaksanakan hari Minggu, 06 November bersamaan dengan acara puncak Milad SD Mutu. Setiap kelas mendapat tema budaya dengan provinsi yang berbeda-beda. Pada lomba pawai kali ini, setiap kelas dituntut untuk kreatif dalam memakai baju adat dan kekompakan yel-yel saat pawai berlangsung.

Pada hari Minggu (06/11), seluruh warga SD Mutu mengikuti Pawai dengan tema “Pawai Kreatif Pelajar Pancasila”. Kegiatan Pawai ini merupakan lomba bagi siswa/i SD Mutu. Setiap kelas telah mendapat tema baju adat provinsi yang berbeda-beda. Setiap kelas dituntut untuk kreatif dalam memakai baju adat dan membuat yel-yel saat pawai berlangsung.

Kegiatan Pawai ini dibuka dengan penampilan Marching Band dari siswa/i SD Mutu dan pengibaran bendera start oleh Ustadzah Rizka selaku kepala SD Mutu Kawi sebagai tanda dimulainya pawai. Setelah kegiatan pawai ini dilanjutkan dengan acara puncak Milad ke-95 yang dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai kalangan dan para juara lomba.

Puncak acara Milad ini dihadiri oleh Bapak Mahfud selaku anggota DPRD Kota Malang, Perwakilan dari Dinas Pendidikan, Ketua Majelis Dikdasmen PDM, Ketua PCM Cabang Klojen, Satuan Kepolisian, Pejabat Daerah, Ketua Komite, dan para tokoh Muhammadiyah. Acara ini diawali dengan sambutan-sambutan dari tamu undangan. Dalam sambutan ini mereka berpesan agar SD Mutu Kawi dapat menjadi sekolah yang ramah anak dan dapat memberikan lulusan yang berkarakter dan beriman. Acara terus berlanjut dengan tampilan dari siswa/i SD Mutu dan ditutup dengan pengumuman juara lomba-lomba.

Secara keseluruhan rangkaian acara Milad SD Mutu berjalan dengan lancar. Dengan bertambahnya usia diharapkan SD Mutu dapat meningkatkan mutu pendidikan dam memberikan lulusan siswa/i yang berkarakter dan beriman sesuai dengan tema Milad tahun ini “Gebrakan” – (Mabruroh, S.Pd)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top