IBTIKAR BULETIN EDISI 11: KEISTIMEWAAN BUMI PALESTINA

Palestina adalah salah satu negara Timur Tengah yang saat ini cukup ramai diperbincangkan diberbagai negara. Negara ini berbatasan dengan Laut Tengah dan Sungai Yordan. Palestina pun berada di lokasi yang strategis di antara negara Mesir, Suriah, Yordania, dan negara-negara jazirah Arab lainnya. Palestina merupakan negeri yang diberkahi oleh Allah SWT, mengapa demikian ?

1. Adanya Masjidil Aqsha

Masjidil Aqsha atau biasa disebut Baitul Maqdish merupakan kiblat pertama umat muslim sebelum ka’bah. Kiblat pertama umat Islam ini berlaku sebelum Nabi Muhammad SAW diperintahkan untuk memindahkan kiblat dari Masjid Al Aqsa ke Masjidil Haram seperti sekarang.

2. Negeri para Nabi

Palestina dan negeri Syam lainnya memiliki ikatan yang kuat dengan para nabi. Di tanah ini rupanya banyak nabi yang lahir, diutus, tinggal, atau singgah dalam berdakwah menegakkan nilai-nilai tauhid, diantaranya adalah Nabi Ibrahim a.s., Nabi Ismail a.s., Nabi Ishaq a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Musa a.s., Nabi Yaqub a.s., Nabi Luth a.s., Nabi Daud a.s, Nabi Sulaiman a.s., hingga kepada Nabi Muhammad saw.

3. Tempat mi’raj Nabi Muhammad

Palestina adalah tempat akhir dari perjalanan Isra Nabi Muhammad saw. Dan sekaligus titik awal Mi’rajnya ke langit untuk menerima perintah shalat lima waktu

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Isra Ayat 1:

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

Maka tidak salah bahwa para pejuang yang ada di Palestina begitu mati-matian mempertahankan hingga titik darah penghabisan, karena begitu istimewanya negara ini. Setiap muslim hendaknya harus mendukung para pejuang Palestina dengan apa yang bisa dilakukan.

Jika pejuang Palestina berhenti bertempur, besok takkan ada lagi yang namanya Palestina. Saatnya langitkan doa-doa kita, semoga Allah kuatkan, dan menangkan. Aamiin

Wallahu a’lam bishawab.

Oleh: Riska Nur Wachidya Utami, S.Pd (Guru PAI dan Ismuba)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top