IBTIKAR BULETIN EDISI 7: MENJADI PEMUDA TERBAIK

Di era sekarang kita harus menjadi pemuda terbaik, agar mampu berguna untuk agama, nusa dan bangsa, maka untuk menjadi pemuda terbaik dibutuhkan beberapa kriteria.

1. Pertama, memiliki ilmu dan wawasan yang luas. Sebagaimana firman Allah SwT dalam Q.S. Al-Mujadalah ayat 11: “Allah SwT akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat.” Amirul Mukminin Umar bin Khaththab ra. berkata: “Hendaklah kamu berilmu sebelum kamu memimpin.”. Pemuda hari ini adalah pemimpin hari esok, baik-tidaknya masa depan suatu masyarakat dapat kita lihat bagaimana generasi mudanya hari ini!

2. Kedua, memiliki akhlak yang mulia. Islam sangat memperhatikan pendidikan umatnya, terutama generasi muda untuk berakhlak mulia. Karena akhlak yang mulia merupakan sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh setiap manusia, khususnya bagi seorang muslim baik dalam hubungan kepada Allah SWT maupun dengan makhluk-makhluk ciptaan-Nya.

Kaum Muslimin sidang Jum’at rahimakumullah.

3. Ketiga, menjaga diri dari pergaulan negatif. Generasi muda sangat riskan terjebak dalam pergaulan yang tidak baik. Diharapkan kepada generasi muda agar tidak terjebak ke dalam pergaulan negatif dapat memilih teman yang baik. Karena kesalahan dalam mencari teman akan membawa penyesalan di hari kemudian.

4. Keempat, disiplin dalam menggunakan waktu. Disiplin dalam penggunaan waktu merupakan faktor terpenting dalam meraih kesuksesan manusia. Masalah waktu mendapat perhatian yang besar dari Allah SwT sebagaimana firman-Nya dalam Q.S. Al-‘Ashr ayat 1-3 yang artinya: “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

5. Kelima, memiliki jiwa kemandirian dan profesional. Sebagai generasi muda milenial hendaknya memiliki jiwa kemandirian dan profesional. Seorang Muslim bukan sekesar boleh menjadi kaya raya bahkan memang harus kaya agar dapat membantu saudara-saudaranya yang membutuhkan melalui infaq, sedekah, dan amalan-amalan yang lainnya.

Mudah-mudahan generasi muda kita dapat menjadi generasi muda milenial yang sesuai dengan ajaran agama Islam dan dapat membawa kemaslahatan bagi kehidupan dan perkembangan umat, agama, bangsa, dan negara kita.

Oleh: Eko Harianto

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top