IBTIKAR BULETIN EDISI 2: MENELADANI SIKAP PARA SAHABAT RASULULLAH

Pada zaman yang telah kehilangan teladan, tatkala manusia sudah menyimpang dari jalan- jalan petunjuk, ada baiknya jika sejenak kita bergabung bersama generasi terbaik yang pernah dilahirkan di dunia setelah Rasuluallah SAW.

Ada 4 sahabat yang sering kita tahu, diantaranya: Abu Bakar ash-Shiddiq, Umar Ibn al-Khaththab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib radliyallahu anhum. Loyalitas dan dedikasi empat sahabat ini kepada Allah dan Rasul-Nya sangat luar biasa sehingga mendapat jaminan surga Allah SWT bersama beberapa sahabat yang lainnyaa.

Dari Sa’id bin Zaid radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَشَرَةٌ فِى الْجَنَّةِ أَبُو بَكْرٍ فِى الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِى الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ وَعَلِىٌّ وَالزُّبَيْرُ وَطَلْحَةُ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ وَسَعْدُ بْنُ أَبِى وَقَّاصٍ

Ada sepuluh orang yang dijamin masuk surga: Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman, ‘Ali, Az-Zubair, Thalhah, ‘Abdurrahman (bin ‘Auf), Abu Ubaidah (bin Al-Jarrah), dan Sa’ad (bin Abi Waqqash).

Demikian pula sahabat-sahabat lainnya, memiliki keutamaan yang luar biasa karena ketaatannya kepada Allah dan Rasul-Nya tanpa pernah ada keraguan sedikitpun. Kualitas ibadah makhdlahnya sangat luar biasa, demikian pula dalam rangka akhlaknya kepada sesama baik sesama muslim ataupun non muslim.

Para sahabat selalu merasa kurang bagi dirinya dipandangan Allah SWT sehingga tidak lagi pandai menilai orang lain, karena sibuk dengan kekurangan diri dan berusaha memperbaiki diri. Tidak gila hormat karena sekadar faktor usia atau merasa lebih tua, sehingga menjadi sangat tersinggung jika tidak dihormatinya. Parameter kemuliaan bagi dirinya adalah sejauh mana kualitas ketaatan dirinya kepada Allah. Keteladanan yang seharusnya menginspirasi diri kita. Dan semua itu karena kualitas tauhid yang mereka jiwai dengan seyakin-yakinnya. Wallahu ‘alam. (*)

Oleh: Ustadz Drs. H. Nurdin Hasan, M.Ag

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top