IBTIKAR BULETIN EDISI 3: PASKIBRA MEMBENTUK PRIBADI DISIPLIN

PASKIBRA atau Pasukan Pengibar Bendera merupakan pasukan yang memiliki tugas utama untuk mengibarkan bendera namun PASKIBRA hanya dalam tingkatan sekolah atau berbentuk sebuah ekstrakurikuler sekolah sedangkan PASKIBRAKA merupakan Pasukan Pengibar duplikat Bendera Pusaka biasanya PASKIBRAKA digunakan pada saat upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tugas utama PASKIBRAKA adalah mengibarkan dan juga menurunkan sang saka Merah Putih setiap tahunnya.

PASKIBRA juga memiliki visi dan misi diantaranya adalah disiplin, bertanggung jawab, bermoral dan beretika baik, serta berprestasi. Adapun fungsi dan tujuan dari PASKIBRA diantaranya adalah:

membentuk pribadi yang disiplin, melatih fokus, manajemen waktu, dan menambah pengalaman.

Di SD Mutu Kawi, pemilihan anggota PASKIBRA melalui proses seleksi. Setelah anggota terpilih, latihan dilaksanakan dalam tiga minggu, pada hari senin-kamis sore sepulang sekolah dan sabtu pagi. Dibawah tanggung jawab dari seorang pembimbing PASKIBRA yang memang berpengalaman dibidangnya.

Sudah dua tahun PASKIBRA SD Mutu Kawi dibimbing oleh Ustadz Dody Yudha Setiawan, S.Pd.

Pada Agustus tahun ini anggota PASKIBRA yang telah melaksanakan tugas adalah Reyvan sebagai pemimpin upacara. Faizah, Sinta dan Arshi bertugas sebagai tim pengibar bendera. Irsyad, Safa, Faris, dan Aiko bertugas menjadi danton. Aisha bertugas sebagai pembaca susunan upacara, Aqila bertugas sebagai pembawa teks Pancasila, Chikita bertugas sebagai pembaca teks UUD dan Cheryl yang bertugas sebagai pembaca doa.

Suatu kebanggaan untuk tim PASKIBRA tahun 2023 yang langsung didampingi Bapak Kapolsek Klojen, Kompol Syabain Rahmat K. SH sebagai Inspektur Upacara. Diharapkan ini dapat menjadi motivasi anggota PASKIBRA tahun depan agar bisa lebih disiplin dan lebih maksimal lagi untuk menuju kompetisi yang lebih tinggi lagi. Karena ketika seorang anggota PASKIBRA bisa berprestasi, yang bangga bukan hanya sekolah tapi juga orang tua di rumah.

Oleh: Aisha Tsania Chairuzzukruf (Siswa kelas 6C SD Muhammadiyah 1 Malang)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top