IBTIKAR BULETIN EDISI 17: SUNGGUH INDAH HIKMAH POSITIVE THINKING

Banyak hikmah yang dapat kita peroleh dengan positif thinking. Kita harus menyadari bahwa tidak ada seorangpun diantara kita yang sepenuhnya baik atau sepenuhnya buruk. Jadi kita tidak boleh fokus pada sisi buruknya dan bersikap sinis terhadapnyan melainkan kita harus melihat sisi baik orang lain dan mempunya opini baik tentang mereka.

وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ●…

“… Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 216).

Manfaat pikiran yang positif akan membuat anda lebih fokus untuk melihat kebaikan dalam situasi apapun. Hal ini akan membuat anda menjauhi hal-hal negatif dan pengaruh buruk lainnya. Sehingga memiliki pikiran positif tidak hanya baik untuk kesehatan mental anda tetapi membuat anda kuat secara fisik.

Adapun cara berfikir positif agar kita sukses adalah:

  1. Selalu memandang sisi baik, walaupun ada sisi buruknya.
  2. Buang jauh-jauh pengaruh negatif.
  3. Menjadi pribadi yang optimis.
  4. Ubah mindset, bahwa Alloh akan selalu memberikan yang terbaik.

Oleh: Arief Buchori, A.MaPd

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top