IBTIKAR BULETIN EDISI 4: SKENARIO ALLAH ITU INDAH

Barang siapa yang tidak ridha terhadap ketentuan-Ku, dan tidak sabar atas musibah dari-Ku, maka carilah Tuhan selain Aku.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Skenario Allah SWT yaitu takdir qada dan qadar yang merupakan rukun Iman yang harus dipercaya oleh umat muslim. Allah SWT merancang takdir yang terbaik untuk hambanya. Berbahagialah menjadi seorang Muslim, ketika sedang mendapatkan ujian, kita diajarkan bagaimana mengelola hati supaya tetap sabar dan yakin akan pertolongan Sang Khalik. Di saat nikmat turun dari langit, kita diajarkan bagaimana menata hati yang senantiasa bersyukur dan menepis jauh kemungkinan munculnya dengki.

Terkadang kita berpikir, mengapa plot cerita tak sesuai dengan rencana kita? Rencana yang sudah disusun matang, tiba-tiba berubah alur di luar dugaan kita. Bahkan tak jarang, luapan emosi pun muncul sebagai respon atas ketidaksamaan antara rencana dan hasil. Tapi, disitulah ada seni sebuah drama. Ada maksud yang manusia tidak tahu.

Umat manusia bertugas untuk berikhtiar, pasrah kepada Allah SWT. Dengan berikhtiar dan pasrah kepada Allah SWT serta selalu berbaik sangka, maka Allah SWT akan memberikan kebaikan kepada hambanya. Dan takdir adalah pertemuan antara usaha manusia dengan kehendak Allah Azza Wa Jalla.

Setiap daripada sesuatu yang berlaku itu ada sebabnya dan semua yang berlaku itu tidak ada secara “kebetulan”, semuanya sudah ditentukan sejak azali lagi. Jadi, jika sesuatu yang telah ditentukan itu tidak seperti yang kamu rancang dan impikan, maka berdoalah supaya Allah SWT memberi kita dan kepada orang-orang di sekeliling kita kekuatan dan ketenangan sepanjang “melewati” sebuah perjalanan yang sudah ditetapkan.

Sebagai manusia kita harus memahami skenario langit yang sedang berjalan. Biarkan Allah selesaikan pekerjaannya, menyulam kehidupan kita dengan sebaik-baik rencana-Nya. Maka kita pun akan menyelesaikan pekerjaan kita pula. Kita berharap, kelak Allah panggil kita ke surga dan didudukkan di tempat mulia. Disanalah, kita akan memahami bahwa Allah mempunyai rencana terbaik untuk kita. Karena, Rancangan Sang Pencipta jauh lebih baik dari yang dicipta.

Skenario Allah memang indah..

Oleh: Rizka Silvia, S. PdI (Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Malang)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top